Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap

Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap

Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap - Cache di android adalah tempat di mana data atau file dari aplikasi disimpan, dan itu membantu dalam memuat halaman setiap kali aplikasi dijalankan.

Meskipun pentingnya cache tidak dapat diabaikan, data cache itu sendiri dapat membuat banyak masalah seperti file rusak, aplikasi berhenti berfungsi, laman web tersendat disaat mengunduh dll.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki masalah apa pun, menghapus data yang disimpan dalam cache selalu merupakan suatu ide yang baik, untuk menjaga kecepatan ponsel dan mengosongkan beberapa memori smartphone.

Jadi, jika ada kebutuhan untuk menghapus cache dan data dari ponsel Android, cukup ikuti metode di bawah ini :

Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap


Cara menghapus cache pada Android:


#1: hapus cache android untuk masing-masing aplikasi

Kebutuhan untuk menghapus cache aplikasi diperlukan ketika Anda menghadapi masalah dengan aplikasi tertentu. Jika aplikasi apa pun berhenti berfungsi dengan baik, kinerja lambat dan membutuhkan waktu yang cukup untuk meluncurkan atau menutup, menghapus data yang di-cache dapat menghilangkan masalah sekaligus. Proses ini sangat sederhana dan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Inilah cara untuk melakukan ini.

1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan dengan menekan tombol menu dari perangkat android.

2. Selanjutnya, ketuk opsi "pengelola aplikasi" atau "aplikasi" untuk melihat setiap aplikasi yang ada di ponsel Android.

3. Ketuk "aplikasi" yang ingin Anda hapus partisi cache androidnya.

4. Halaman baru "info aplikasi" akan ditampilkan dengan setiap detail aplikasi seperti nomor versi aplikasi dan ruang penyimpanan yang digunakan olehnya, dll. Gulir ke bawah untuk menemukan opsi "hapus cache" dan cache aplikasi itu akan dihapus. Anda dapat mengikuti proses yang sama untuk aplikasi lain juga.

Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap

#2: Hapus partisi cache android dari semua aplikasi secara bersamaan

Metode kedua digunakan ketika masalahnya bukan dengan aplikasi tunggal daripada telepon. Dalam hal, kinerja ponsel lambat dan internet tidak berfungsi dengan baik meskipun memiliki koneksi yang baik, membersihkan cache semua aplikasi disarankan untuk menyingkirkan masalah tersebut. Proses ini juga sesederhana metode pertama. Hanya 2-3 langkah dan Anda akan selesai dengan itu.

Baca Juga : Cara Mencari dan Mengetahui Nomor IMEI di Android dan iPhone

1. Buka aplikasi pengaturan dan klik pada "opsi penyimpanan".

2. Dan klik pada opsi itu akan menunjukkan rincian memori seperti memori yang digunakan, ruang kosong, data cache dan memori yang digunakan olehnya, dll.

3. Klik pada opsi data cache untuk menghapus data cache untuk semua aplikasi dan sekali lagi klik "OK" untuk mengkonfirmasi proses penghapusan.

Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap

Namun, proses ini berfungsi untuk Smartphone yang berjalan di Android 4.2 dan versi yang lebih tinggi lagi. Jadi, perangkat yang terbilang lama tidak akan mendukung proses ini. Namun, semuanya memiliki solusi. Prosesnya dibahas dalam metode selanjutnya.

#3: Bersihkan cache android menggunakan aplikasi

Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat menghapus cache dari perangkat android untuk satu aplikasi atau untuk semua aplikasi bersama. Juga, aplikasi ini berfungsi untuk setiap versi android. Turbo Cleaner adalah salah satu aplikasi berguna yang digunakan untuk membersihkan cache. Fitur menarik dari aplikasi ini adalah:

+ Hapus otomatis: Saat fitur ini diaktifkan, cache aplikasi akan dihapus secara otomatis setiap kali aplikasi dijalankan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan masuk ke menu > pengaturan dan dengan memeriksa opsi yang tersedia.

+ Juga, Anda dapat mengatur pengingat untuk mengosongkan cache ketika file cache mencapai ukuran tertentu.

#4: Bersihkan cache Firefox di android

Jika Anda ingin menghapus cache android untuk Firefox, pertama buka browser dan ketuk pada menu yang terletak di sudut kanan atas. Selanjutnya, ikuti pengaturan > privasi > hapus sekarang. Ini akan menampilkan berbagai opsi, cukup centang opsi "cache".

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Fingerprint Samsung Galaxy S5

Pilihan untuk membersihkan cache untuk Firefox juga tersedia di android. Untuk mengatur fitur ini, Anda perlu mengetuk opsi "clear on exit" yang terletak tepat di bawah "clear now". Ini akan menampilkan berbagai opsi. Periksa "cache", "riwayat penjelajahan", dll. Yang ingin Anda tetapkan secara otomatis dan tekan tombol "set" di bagian bawah.

Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap

#5: Kosongkan cache Chrome di Android

Metode ini sangat mirip dengan metode Firefox di mana Anda perlu membuka aplikasi chrome dan menuju ke pengaturan > privasi > Lanjutan. Sekarang di bagian bawah layar, ketuk opsi menu lagi. Selanjutnya, ketuk "hapus data penjelajahan" > hapus cache dan cache dari Chrome akan dihapus.

Demikian artikel Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap, mudah-mudahan bermanfaat dan berguna bagi anda.
Open Comments

Post a Comment for "Begini Cara Mudah Menghapus Cache Pada Android Lengkap"