Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Model Tutup Aquarium Dari Triplek

Model Tutup Aquarium Dari Triplek


Model Tutup Aquarium Dari Triplek - Bagi pecinta ikan hias, aquarium tentunya menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Khususnya model dari aquarium itu sendiri. Bahan-bahan pendukung kerangka aquarium pun beraneka ragam. Ada yang didominasi oleh kayu, besi, alumunium, plastik keras, hingga triplek. Kali ini admin Simastahku ingin membagikan gambaran model-model tutup aquarium khusus yang terbuat dari triplek.
Berikut adalah model tutup aquarium dari triplek.


Model-Model Tutup Aquarium dari Triplek














Tutorial Cara Membuat Tutup Aquarium dari Triplek


Kanopi akuarium khusus dapat menutupi bagian atas akuarium Anda dan menyembunyikan perlengkapan pencahayaan dan peralatan mekanis lainnya. Anda dapat menghabiskan beberapa ratus dolar untuk kanopi komersial, tetapi mengapa Anda melakukannya? Hanya dengan beberapa dolar, Anda dapat memiliki kepuasan pribadi dengan membangun kanopi sendiri, menyesuaikannya sesuka Anda.

Apakah Anda membeli satu atau membuatnya sendiri, kanopi akuarium pada dasarnya hanya struktur seperti kotak dengan dasar terbuka yang pas di atas akuarium Anda untuk menahan pencahayaan dan mekanik lainnya sambil memberikan akuarium Anda tampilan yang rapi dan selesai. Kanopi komersial terkadang dijual bersama dengan alas atau alas dekoratif yang serasi, tetapi jika Anda menggunakan lemari atau perabot lainnya sebagai dasar akuarium Anda, mungkin ada keuntungan membuat kanopi sendiri sehingga Anda dapat membuatnya untuk kesukaan Anda.

Kanopi DIY kami adalah yang paling sederhana yang dapat Anda buat. Sementara sebagian besar kanopi DIY dibangun dengan kerangka kerja 2 x 2s atau kayu lainnya, kanopi kami bahkan menghilangkan kerangka itu. Dalam desain kami, bagian depan, belakang, dan samping adalah panel kayu lapis sederhana yang disatukan di sudut-sudut dengan sambungan butt screwed, dengan masing-masing sudut bagian dalam diperkuat dengan sepasang kurung sudut sederhana. Semua bagian untuk kanopi ini sudah tersedia di pusat rumah mana pun.



Bagian atas kayu lapis pas di atas kotak kanopi, berengsel di bagian belakang sehingga Anda dapat membuka dan menutupnya untuk memberi makan dan perawatan akuarium. Perlengkapan lampu dapat dipasang di bagian bawah atas; mengganti bohlam hanyalah masalah membuka kanopi bagian atas untuk mengaksesnya.

Meskipun desain ini sangat sederhana untuk dibangun, sangat penting bahwa Anda mendapatkan ukuran yang tepat. Kanopi pada dasarnya terletak di atas dinding kaca akuarium, sehingga ukuran keseluruhan harus sempurna. Untuk alasan ini, tahap pengukuran dan tata letak adalah salah satu langkah yang paling penting.

Semua jenis kayu lapis setebal 5/8 inci atau 3/4 inci dapat digunakan untuk membangun kanopi Anda, serta panel berpihak T-111. Kayu lapis kelas A-C dengan permukaan kayu birch, maple, atau oak yang sudah jadi menjadi permukaan yang bagus untuk pewarnaan atau pengecatan. Dengan kotak kanopi dasar selesai, Anda juga dapat mendandani tepi dan sudut dengan cetakan dekoratif sesuai keinginan Anda. Proyek kami akan ditutup dengan 1 x 4 cetakan kayu di bagian atas dan bawah. Trim ini akan menambah ornamen, dan, karena tumpang tindih kaca di bagian bawah, itu juga akan membuat kanopi lebih stabil saat duduk di atas akuarium.

Alat dan Bahan yang Anda Butuhkan

  • Pita pengukur
  • Membingkai persegi
  • Gergaji listrik (gergaji bundar, gergaji meja, atau gergaji ukir)
  • Klem bar
  • Bor daya dengan bit driver dan bit twist
  • Sekrup kayu 2 inci
  • Kayu lapis 3/4-inch atau 5/8-inch (jumlah akan tergantung pada ukuran akuarium
  • Kurung sudut 2 inci (8) dengan sekrup
  • Engsel pantat kuningan 3 inci atau engsel kupu-kupu (2)
  • Papan 1-by-4 untuk trim (kuantitas tergantung pada ukuran kanopi)
  • MIter saw (opsional)
  • Lem kayu
  • 1 braket 1/4-inci
  • Palu dan set kuku
  • Cat atau finishing kayu (seperti yang diinginkan)
  • Kuas cat

Ambil Pengukuran dan Rencanakan Bagian-bagiannya


Untuk memulai, secara tepat ukur panjang dan lebar akuarium Anda, dan buat sketsa untuk menentukan bagaimana sisi kayu lapis, depan, dan belakang akan cocok bersama. Proyek ini tergantung pada kotak kanopi yang terletak langsung di sisi kaca akuarium, sehingga dimensi luar kanopi harus persis sama dengan dimensi luar akuarium Anda.

Seperti yang terlihat dalam diagram ini, desain kami menyerukan panel depan dan belakang agar sama persis dengan panjang akuarium, dengan panel samping diapit antara bagian depan dan belakang. Ini berarti bahwa panel samping akan sedikit lebih pendek dari lebar akuarium, dengan jumlah yang sama dengan ketebalan panel depan dan belakang. Misalnya, jika Anda menggunakan kayu lapis setebal 5/8-inci, panel samping akan 10/8 inci, atau 1 1/4 inci, lebih pendek dari lebar depan-ke-belakang akuarium. Saat bergabung bersama, potongan-potongan akan membuat kotak dimensi akuarium yang tepat.

Rencanakan Tutupnya
Desain kami membutuhkan penutup berengsel sederhana yang pas persis di atas kotak kanopi. Anda dapat membuat tutup ini dari kayu lapis yang sama yang digunakan untuk sisa kanopi. Sepasang engsel pantat atau engsel kupu-kupu di sepanjang tepi belakang tutupnya akan dipasang pada panel belakang kanopi dan memungkinkan untuk membuka dan menutup tutupnya. Anda juga dapat memasang pegangan kuningan di bagian depan tutupnya agar lebih mudah dioperasikan.



Sekarang adalah waktu untuk merencanakan bagaimana setiap perlengkapan pencahayaan akan dipasang ke bagian bawah tutupnya. Buat sketsa di mana perlengkapan pencahayaan ini akan dipasang. Ukuran perlengkapan pencahayaan, bersama dengan ketinggian air di akuarium Anda, dapat memengaruhi seberapa tinggi kanopi Anda. Jika perlu, buat penyesuaian apa saja pada keseluruhan dimensi kanopi, dan catat pada sketsa Anda.

Potong Bagian dan Mulai Perakitan
Membangun kanopi akan melibatkan pemotongan pertama dan menempelkan bagian depan, belakang, dan samping, kemudian menambahkan bagian atas, dan akhirnya menyelesaikan trim dan menyelesaikan atau mengecat proyek.


  • Potong dan Pasang Depan, Sisi, dan Belakang
  • Menggunakan kotak dan pensil framing, letakkan panel depan, belakang, dan samping ke selembar kayu lapis, mengikuti dimensi pada sketsa Anda.
  • Potong potongan-potongan, menggunakan gergaji meja, gergaji bundar, atau gergaji ukir. Gergaji meja akan memberikan potongan paling lurus, tetapi gergaji bundar juga merupakan pilihan yang baik. Jika Anda menggunakan gergaji bundar atau gergaji jig, berhati-hatilah untuk memotong tepat pada garis yang ditandai; menggunakan panduan straightedge dapat membantu.
  • Posisikan panel depan, belakang, dan samping bersama-sama dalam posisi tegak di atas permukaan kerja yang rata, sehingga sisi-sisinya terjepit di antara potongan depan dan belakang di ujungnya. Gunakan penjepit batang untuk menahan potongan. Pastikan semua ujungnya rata.
  • Pasang panel depan dan belakang ke samping dengan mengebor lubang pilot, kemudian menggerakkan sepasang sekrup kayu 2 inci melalui panel depan dan belakang dan ke butir tepi panel samping. Lubang pilot pengeboran sangat penting untuk menjaga kayu lapis tidak membelah.
  • Perkuat setiap sudut bagian dalam kanopi dengan sepasang kurung sudut, yang terpasang dengan sekrup yang disertakan dengan kurung.
  • Pasang kotak kanopi di akuarium, pastikan didukung oleh kaca di semua sisi.

Potong dan Pasang Tutupnya

Dengan kotak kanopi yang masih menempel di akuarium, lakukan pengukuran panjang dan lebar dengan hati-hati untuk memastikan dimensi tutupnya.
Potong tutup sesuai ukuran menggunakan gergaji meja, gergaji bundar, atau gergaji ukir.
Tes pas dengan tutup pada kotak kanopi, pastikan itu sesuai dengan garis kotak tepat.
Tempatkan kotak dan tutup kanopi di permukaan pekerjaan Anda, kemudian posisikan engsel di sepanjang tepi belakang, sehingga satu daun engsel diletakkan rata di permukaan tutup, yang lain di sepanjang panel belakang. Pasang setiap engsel dengan sekrup yang disediakan.
Pasang pegangan ke bagian depan tutupnya, pasang kembali sekitar 2 inci dari tepi depan.
Atur kembali kanopi dengan hati-hati di akuarium dan pastikan tutupnya beroperasi dengan lancar.

Potong dan Selesai Kanopi
Menambahkan Trim Moldings


Langkah terakhir kunci adalah menambahkan trim apa pun yang Anda inginkan. Anda dapat menyesuaikan ini dengan berbagai cara, tetapi penting agar trim bawah pada kanopi dipasang sehingga sedikit menggantung ke bibir di tepi akuarium. Ini akan memberikan ukuran stabilitas dan mencegah kanopi terseret dari akuarium.

Salah satu cara yang sangat sederhana untuk memotong kanopi Anda adalah dengan memotong dan memasang potongan sederhana 1 x 4 untuk dijadikan mahkota di bagian atas kanopi dan celemek di sepanjang bagian bawah. Potongan-potongan ini dapat dipasang di sekitar kanopi dengan sambungan pantat sederhana, dengan bagian depan dan belakang tumpang tindih sisi. Atau, jika Anda sedikit lebih terampil, Anda dapat memotong ujung setiap potongan trim pada 45 derajat, sehingga sudut trim bertemu dalam miters sempurna.

Pasang potongan trim ke kotak kanopi dengan 1 1/4 inci brads dan lem kayu, sehingga celemek bawah memanjang di bawah tepi kanopi sekitar 1 inci, dan mahkota atas memanjang ke atas cukup untuk menutupi tepi tutupnya panel.

Kanopi Anda sekarang akan menyajikan tampilan yang bagus dan selesai bila dilihat dari depan, tetapi dilihat dari samping, butiran tepi kayu lapis akan tetap terlihat. Ini tidak akan membuat banyak perbedaan jika Anda berencana untuk melukis kanopi Anda. Jika Anda menodai kanopi, Anda bisa menyembunyikannya dengan potongan-potongan cetakan sudut yang terpasang di sepanjang tepi vertikal kotak kanopi, paskan di antara mahkota atas dan cetakan apron bawah.

Menyelesaikan Kanopi
Bagaimana Anda menyelesaikan kanopi benar-benar terserah Anda, meskipun melukis adalah penyelesaian yang baik untuk sebagian besar struktur kayu lapis. Apakah Anda memilih cat atau noda-dan-pernis, pastikan untuk menyelesaikan permukaan bagian dalam kanopi juga. Ini akan membantu menyegel kayu dan mencegah kelembapan melembut kayu secara bertahap.

Catatan tentang Pencahayaan
Setelah selesai, Anda dapat memasang pencahayaan apa pun yang Anda inginkan di bagian bawah tutup di kanopi Anda. Setiap kanopi akan membatasi panas di atas tangki, jadi pastikan untuk menggunakan lampu suhu rendah, seperti fluorescent. Ada sejumlah ventilasi dan kipas yang bisa dipasang ke sisi kanopi Anda, sesuai kebutuhan, untuk mengontrol panas dan kelembaban. Dalam beberapa kasus, lubang ventilasi sederhana yang dibor di sisi kanopi mungkin yang Anda butuhkan.

Model Tutup Aquarium Dari Triplek Kayu 

Selamat mencoba membuat model tutup aquarium dari triplek.
Open Comments

Post a Comment for "Model Tutup Aquarium Dari Triplek"