Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Eksplanasi

Artikel mengenai pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, kaidah kebahasaan teks eksplanasi, dan contoh teks eksplanasi yang telah kami rangkum sedemikian rupa

Teks Eksplanasi adalah materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang akan kita bahas sekarang, setelah kemarin kita mambahas Pengertian, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi Materi teks eksplanasi yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan, dan juga ciri-ciri teks eksplanasi. Tanpa panjang lebar mari kita simak materi teks eksplanasi yang telah Simastah rangkum dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadiam alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik kejadian alam maupun kejadian seosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses. Suatu kejadian yang terjadi di sekitar kita, tidak hanya untuk kita amati dan rasakan saja, tetapi juga untuk kita pelajari. Kita dapat mempelajari kejadian tersebut, misalnya dari segi mengapa dan bagaimana bisa terjadi.

Baca Juga : 

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, dilanjutkan dengan urutan sebab akibat, dan diakhiri dengan interpretasi. Untuk lebih memahami lagi mengenai struktur tersebut silahkan disimak dibawah ini.
  1. Pernyataan umum, berisi statemen atau penyataan umum tentang suatu topik yang akan dijelaskan proses keberadaanya, proses terjadinya, atau proses terbentuknya.
  2. Urutan Sebab Akibat, berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan atau proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  3. Interpretasi, berisi tentang kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses yang dijelaskan.


Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki 3 ciri-ciri yang dapat memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks yang lainnya. Berikut akan saya jelaskan 3 ciri-ciri teks eksplanasi.
  1. Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi.
  2. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).
  3. Faktualnya itu memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains dan yang lainnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi pada umumnya memiliki ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), misalnya gempa bumi, banjir, hujan, dan udara.
  2. Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah.
  3. Lebih banyak menggunakan kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
  4. Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, misalnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.
  5. Menggunakan kalimat pasif.
  6. Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi

Kekeringan

Kekeringan adalah suatu kondisi dimana ketersediaan air disuatu tempat sangat rendah bahkan tidak tersedia sama sekali yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama.

Cakupan wilayah yang terdapat kekeringan biasanya cukup luas yang berdampak pada kehidupan makhluk hidup yang hidup ditempat tersebut. Kekeringan dapat terjadi kapan saja, terutama pada musim kemarau dimana intensitas hujan sangat kecil sekali bahkan tidak ada.

Penyebabnya sendiri bisa karena kondisi alam itu sendiri dan juga faktor manusia. Untuk faktor alam misalnya terjadi kemarau yang berkepanjangan dan tingkat evaporasi yang sangat cepat yang mengakibatkan cadangan air didalam tanah menjadi cepat hilang.

Sedangkan faktor manusia misalnya terjadinya global warming atau pemanasan global yang disebabkan oleh aktivitas-aktivitas seperti pabrik, asap kendaraan bermotor dan tindakan-tindaan lain yang memicu terjadinya pemanasan global.

Jika kekeringan terus terjadi, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh manusia saja, melainkan seluruh makhluk hidup. Tumbuhan akan sulit untuk melakukan fotosintesis karena kekurangan air dan unsur hara dalam tanah yang hilang karena kekeringan, dan hewan tidak dapat memperoleh makanan berupa tumbuhan karena tumbuhan banyak yang mati.

Untuk menanggulanginya bisa dengan membuat hujan buatan untuk membasahi daerah yang kekurangan air, namun tentunya biaya untuk membuat hujan buatan ini tidaklah kecil.

Jadi, kekeringan menjadi salah satu bencana alam yang dampaknya tidak hanya dirasakan oleh manusia saja, melainkan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, karena sejatinya air adalah kebutuhan pokok seluruh makhluk hidup, tanpa air maka kehidupan tidak dapat berlangsung.

Demikianlah artikel Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Eksplanasi, mudah-mudahan bermanfaat dan berguna bagi anda semua.

0 Response to "Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Eksplanasi"

Posting Komentar

PENTING!
1. Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM
2. Mohon untuk tidak memasukkan link aktif
3. Komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasi.