Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mudah Membuat Tulisan Arab di Whatsapp

Cara Mudah Membuat Tulisan Arab di Whatsapp

Cara Mudah Membuat Tulisan Arab di Whatsapp

Perlu kamu ketahui bahwa Indonesia sendiri adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak dan terbesar di Dunia.

Menurut laporan yang dilaporkan oleh Pew Research, yaitu adalah sebuah lembaga riset global yang menyatakan pada tahun 2010 bahwa Indonesia  menempati urutan paling teratas sebagai negara dengan jumlah populasi penduduk muslim terbesar di Dunia dengan catatan, 210 juta lebih jiwa yang menganut Agama Islam.

Nah oleh karena itu, sudah menjadi hal yang sangat biasa apabila kita sering menjumpai atau melihat banyak tulisan arab dikehidupan kita sehari-hari.

Contohnya saja ketika kita mengirim beberapa pesan seperti ucapan salam ataupun ucapan syukur, yang lazimnya ditulis dengan bahasa arab.

Dan, pada kali ini Simastah blog sedikit ingin berbagi kepada kamu yaitu cara membuat tulisan arap pada WhatsApp, silahkan kamu simak bagaimana caranya:

Cara Membuat Tulisan Arab Pada WhatsApp

Sebelum kamu membuat tulisan arab di android kamu, pastikan terlebih dahulu kamu sudah menginstall aplikasi keyboard android yang kompatibel untuk mengetik menggunakan Bahasa Arab.

Simastah blog sendiri sangat merekomendasikan kepada kalian aplikasi keyboard pihak ketiga seperti, SwiftKey Keyboard atau GBoard.

Namun, kamu harus juga mendownload plugin bahasa arabnya terlebih dahulu yang mana plugin ini sendiri juga terdapat dalam aplikasinya secara langsung.

Nah, apabila kamu menggunakan SwiftKey keyboard maka, untuk membuat tulisan arab di WhatsApp sendiri sangatlah mudah, ikuti tutorial yang ada dibawah ini:

1. Buka terlebih dahulu aplikasi SwiftKey Keyboard kamu, dan pilih opsi "Bahasa".

2. Kemudian kamu dapat mencari bahasa Arab, lalu pilih opsi "Gunakan Data" untuk mendownload bahasa Arab tersebut. Silahkan kamu tunggu hingga proses downloadnya selesai.

3. Setelah bahasa arab selesai didownload, kemudian aktifkan dengan menggeser toggle nya kesebalah kanan. Namun kebanyak langsung aktif secara defaultnya.

4. Nah, sekarang bukalahh aplikasi WhatsApp kamu. Dan buatlah pesan kepada salah satu kontak kamu , mau itu teman, keluarga ataupun mantan. Sentuh serta tahan "Tombol Space" pada SwiftKey Keyboard kamu hingga muncul pilihan bahasa, kemudian kamu dapat memilih bahasa Arab.

5. Taraaa~ Disini nantinya akan membuat tombol-tombol pada keyboard kamu menjadi bahasa arab (huruf-huruf arab). Dan kamu juga dapat memulai mengetik pesan berbahasa arab dan mengirimnya kesalah satu kontak WhatsApp kamu.

6. Selesai!

Dan yang harus perlu kamu ketahui bahwa cara untuk membuat tulisan arab di WhatsApp ini dapat diterapkan pada seluruh merk smartphone android, baik itu Xiaomi, Sony, Samsung, Oppo, Vivo dan lainnya.

Selamat mencoba.
Open Comments

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Tulisan Arab di Whatsapp"