Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network), Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan nya

Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network), Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan nya - Pada dua artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas jenis jaringan lainnya yang mempunyai jarak yang lebih dekat atau lebih terbatas, yaitu jaringan Personal Area Network dan Wide Area Network.

Maka sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran kita tentang jaringan dengan mempelajari tingkat jaringan yang memiliki jangkauan yang lebih luas lagi, jaringan tersebut adalah jaringan MAN.

Seperti artikel-artikel sebelumnya, kita akan membahas tuntas materi tentang jaringan MAN ini dari mulai pengertian, karakteristik, teknologi yang digunakan sampai kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network), karakteristik jaringan MAN, kelebihan dan kekurangan jaringan MAN

Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Baiklah materi jaringan pada artikel ini yang pertama kita bahas adalah pengertiannya terlebih dahulu agar kamu bisa memahami jaringan MAN melalui pengertiannya secara luas.

Jaringan MAN atau singkatan dari Metropolitan Area Network adalah jaringan komputer yang berada di satu kota yang menghubungkan beberapa jaringan LAN (Local Area Network) dengan kecepatan transfer data yang tinggi.

Nah, dari pengertian MAN diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa jaringan MAN ini adalah satu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan LAN.

Jaringan MAN memiliki jangkauan dari 5 km - 50 km. Dengan luasnya jaringan yang bisa dijangkau oleh jaringan MAN tersebut maka jaringan MAN biasanya terletak di kota seperti namanya, metropolitan.

Selain itu, jaringan MAN juga menghubungkan beberapa jaringan LAN seperti dari kampus, pemerintahan, universitas dan kantor. Sehingga semua jaringan-jaringan LAN yang ada di suatu kota bisa dengan mudah dihubungkan dengan menggunakan jaringan MAN ini.

Karena penggunaannya yang cukup rumit dan luas, maka jaringan MAN jarang sekali dipraktekan pembuatannya di sekolah. Biasanya kita hanya akan mempelajari teorinya saja di sekolah karena peralatan serta teknologi yang dibutuhkan untuk membuat jaringan MAN tidak sedikit.

Dalam artikel ini kita juga hanya akan mempelajari teori-teori dasarnya saja, jika kamu mempunyai rasa ingin tahu yang lebih mengenai jaringan MAN kamu bisa menanyakan tentang informasi lebih lanjutnya ke orang yang memang mengerti secara keseluruhan seperti guru jaringan kamu yang ada di sekolah.

Teknologi Yang Digunakan Pada Jaringan MAN

Cukup sederhana bukan pengertian dari jaringan MAN? Sekarang mari kita cari tahu dan kita pelajari teknologi yang digunakan dalam pembuatan jaringan MAN ini.

Jaringan MAN sendiri sering diartikan sebagai jaringan yang mengcover sebuah kota. Dulu, rangkaian jaringan MAN dihubungkan dengan menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan satu kantor dengan kantor lainnya yang jaraknya hanya beberapa km.

Namun, sekarang sudah ada teknologi baru yang dikenal dengan nama WIMAX. Peralatan wimax yang digunakan adalah pre-Wimax (IEEE 802.16) yang didesain dan dibuat dengan tujuan untuk membuat sebuah jaringan MAN wireless atau tanpa kabel.

Jaringan MAN wireless sendiri bisa digunakan pada beberapa frekuensi, antara lain frekuensi 900 MHz, 1.5 GHz, 2 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz, 5.8 GHz. Dan pada saat ini, pemerintah Indonesia mengizinkan frekuensi 2.4 GHz yang bisa digunakan oleh masyrakat umum dan kemudian dibagi lagi menjadi beberapa channel.

Mungkin di negara-negara lain seperti negara di benua eropa penetapan frekuensi dan channel dalam jaringan MAN tidak sama seperti yang ada di negara kita ini.

Karakteristik Jaringan MAN

Seperti jaringan-jaringan komputer lainnya, jaringan MAN juga memiliki beberapa ciri atau karakteristik khusus.

Berikut dibawah ini adalah semua karakteristik yang dimiliki oleh sebuah jaringan MAN versi blog Simastah.
  1. Area yang bisa dijangkau oleh jaringan MAN adalah seluar 5 km - 50 km dan biasanya digunakan di daerah perkotaan.
  2. Sebuah jaringan MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu kelompok atau organisasi tertentu seperti jaringan LAN. Melainkan bisa dimiliki oleh satu orang pengguna atau penyedia layanan koneksi internet yang dijual kepada seorang atau sekelompok pengguna.
  3. Karena memiliki kecepatan transfer data yang cepat, maka jaringan MAN sering dimanfaatkan untuk berbagi berbagai informasi atau data dan kadang juga dihubungkan dengan beberapa jaringan lainnya.
  4. Jaringan MAN juga memiliki ukuran yang lebih besar namun ada beberapa jaringan MAN yang menggunakan teknologi yang sama seperti teknologi yang digunakan pada jaringan LAN.

Nah, itu dia 4 karakteristik jaringan MAN.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN

Dan sebagai penutup dari artikel tentang mengenal jaringan MAN ini mari kita pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sebuah jaringan MAN.

Kelebihan Jaringan MAN
  • Server yang berada di kantor pusat dari sebuah jaringan MAN bisa berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Informasi atau transaksi yang real-time yang berarti data yang berada di server pusat diupdate setiap saat dan contohnya adalah cara kerja sebuah ATM bank.
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting.
  • Memungkinkan cabang kantor atau pengguna bisa saling berkomunikasi atau berdiskusi melalui video conference (ViCon).

Kekurangan Jaringan MAN
  • Biaya pemasangan. pembuatan dan operasional yang cukup mahal.
  • Instalasi infrastruktur yang cukup sulit.
  • Rumit jika terjadi sebuah kesalahan atau masalah pada jaringan (network troubleshoot).

Itu dia materi lengkap dan informasi mengenai jaringan MAN atau Metropolitan Area Network. Pada artikel selanjutnya tentang jaringan kita akan mempelajari tingkat jaringan komputer selanjutnya.

0 Response to "Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network), Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan nya"

Posting Komentar

PENTING!
1. Berkomentarlah dengan topik yang relevan dan tidak melakukan SPAM
2. Mohon untuk tidak memasukkan link aktif
3. Komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasi.