Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Pengertian Domain, Jenis-Jenis Domain dan Cara Membelinya

Pengertian Domain, Jenis-Jenis Domain dan Cara Membelinya

Pengertian Domain, Jenis-Jenis Domain dan Cara Membelinya - Sebelumnya, kita sudah pernah membahas tentang bagaimana cara meningkatkan dan mempertahankan semangat belajar pada blog Simastah ini.

Namun, tentu akan terasa jenuh sekali jika kita terus-terusan belajar tentang materi atau mata pelajaran yang ada di sekolah saja, kamu juga perlu untuk mengetahui pengetahuan dan wawasan lainnya, salah satunya terkait dengan dunia teknologi dan informasi atau internet.

Didalam internet, kamu bisa menemukan berbagai macam situs atau website yang memiliki nama atau alamat domain, nah maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian domain dan jenis-jenisnya dalam internet.

Ini adalah artikel pengertian domain, jenis-jenis domai, dan cara membeli domain tersebut agar memudahkan anda dalam membangun blog ataupun website

Dalam perkembangannya, dunia teknologi sudah melalui berbagai macam perubahan dan sekarang sudah banyak tersedia alat-alat canggih yang menjadi bentuk nyata dari pemanfaatan teknologi yang berguna dan dibuat oleh tangan-tangan manusia sendiri.

Sekarang, dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone atau ponsel pintar, manusia bisa mengetahui berbagai macam informasi bahkan semua informasi yang ada di dunia ini. Untuk mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan, maka kita memerlukan sebuah akses internet lalu kita bisa dengan mudah mencari informasi terkait melalui search engine atau mesin pencari seperti Google.

Lalu kita akan dihadapkan pada sebuah tampilan yang menampilkan berbagai macam artikel yang mengandung informasi yang kita cari melalui berbagai macam web, situs atau blog yang tersedia. Nah, masing-masing situs yang ada di internet tentu saja memiliki nama atau alamat domain yang berbeda.

Diatas adalah penjelasan sederhana tentang cara kerja internet dan wujud sebuah domain pada sebuah web. Tetapi saya rasa tentu saja penjelasan diatas masih belum cukup, jadi silahkan lanjutkan baca artikel seputar domain ini sampai tuntas ya.

Pengertian Domain

Yang pertama akan kita bahas terlebih dahulu adalah domain. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan domain?

Menurut situs Wikipedia, berikut dibawah ini pengertian domain.

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Lebih jelasnya lagi, domain adalah sebuah nama unik atau URL (Uniform Resource Locator) yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah situs yang ada di internet. Secara sederhana, kamu bisa menyebut domain sebagai alamat sebuah situs.

Sebenarnya, nama domain menggantikan IP address yang digunakan oleh situs tersebut. Karena jika menggunakan IP address maka para pengunjung situs akan kesulitan mengingatnya, maka dengan adanya nama domain alamat sebuah situs bisa dibaca dan diingat dengan mudah.

Contoh nama atau alamat domain adalah www.simastahku.blogspot.com

Jenis-Jenis Domain

Domain sendiri memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhan serta lokasi pembelinya. Dan tiap-tiap jenis domain dibedakan dengan ekstensi yang digunakannya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan untuk masing-masing jenis atau ekstensi domain dibawah ini.

Domain Internasional

Domain internasional merupakan jenis domain yang ekstensinya bersifat internasional yang artinya bisa digunakan secara universal oleh semua orang didunia. Contoh domain internasional :
  • .com (commercial atau untuk umum)
  • .net (network atau untuk perusahaan atau lembaga yang bergerak dibidang internet)
  • .org (organization atau untuk sebuah organisasi)
  • .info (information atau untuk situs yang menyediakan berbagai macam informasi)
  • dan masih banyak lagi


Domain Berdasarkan Negara

Ini adalah artikel pengertian domain, jenis-jenis domai, dan cara membeli domain tersebut agar memudahkan anda dalam membangun blog ataupun website
Domain berdasarkan negara merupakan jenis domain yang ekstensinya sesuai dengan lokasi negara dari situs tersebut. Misalnya domain untuk negara Indonesia maka berakhiran .id. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh-contoh domain negara Indonesia :
  • .co.id (untuk perusahaan resmi dan sah, biasanya diperlukan beberapa syarat untuk membeli domain ini)
  • .ac.id (untuk lembaga pendidikan yang ada di Indonesia)
  • .go.id (untuk lembaga pemerintahan Indonesia)
  • .or.id (untuk sebuah organisasi yang tidak termasuk kedalam domain .co.id, .go.id, .ac.id)
  • .sch.id (untuk lembaga pendidikan sekolah yang ada di Indonesia seperti SD, SMP, SMA/SMK)

Cara Membeli Domain

Sebuah domain diperjual belikan dengan bebas di internet maupun di dunia nyata. Namun, seseorang atau perusahaan tidak akan bisa untuk mempunyai sebuah domain secara permanen dan selama-lamanya.

Mengapa begitu? karena sebuah domain dijual hanya untuk disewa dengan periode tahunan saja. Jadi, ketika pembeli atau pengguna domain lupa atau memang sengaja tidak memperpanjang masa sewa, maka domain tersebut akan menjadi domain yang tidak memiliki pemilik dan bebas untuk dibeli oleh siapa saja.

Untuk membeli domain, kamu bisa mencari terlebih dahulu situs terpercaya yang menjual domain, bisa situs nasional maupun internasional. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan online atau situs web terpercaya yang menjual domain.

Kamu bisa membaca terlebih dahulu rekomendasi dari para pengguna di forum-forum atau grup tertentu. Untuk harganya sendiri, relatif. Tiap-tiap perusahaan memasang harga yang berbeda untuk domain yang dijualnya. Selain itu, masing-masing jenis domain juga dijual dengan harga yang berbeda juga.

Namun, pada umumnya sebuah domain berekstensi .com biasanya dijual dengan harga kisaran Rp100.000 - Rp150.000 tergantung pada pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh penjualnya.

Tapi, biasanya pada hari-hari besar atau hari-hari tertentu seperti hari kemerdekaan bulan ini (kebetulan saya menulis artikel ini bulan Agustus 2018), banyak penyedia domain yang memberikan promo besar-besaran. Jadi, kamu bisa menunggu promo dan memanfaatkannya agar bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada biasanya.

Salah satu masalah yang sering saya temui adalah banyak pembeli domain yang membeli domain murah dari penjual perorangan baik melalui sosial media seperti facebook maupun forum-forum tertentu. Dan biasanya harga yang ditawarkan malah jauh lebih murah daripada harga pasaran dan inilah yang membuat banyak orang tergiur.

Namun, setelah beberapa saat biasanya banyak muncul masalah pada domain yang dibeli atau domain tidak bisa diperpanjang dengan alasan tertentu. Jadi, saya harap kamu jangan pernah tergiur dengan harga domain yang murah. Lebih baik beli saja di situs atau perusahaan terpercaya. Tentu jauh lebih baik mahal sekalipun daripada murah tapi tidak bertahan lama, bukan?

Saya rasa artikel tentang pengertian dan jenis-jenis domain ini sudah cukup lengkap untuk kamu pelajari dan pahami. Semoga setelah membaca artikel ini pengetahuan kamu seputar domain dan internet semakin bertambah dan bisa bermanfaat.
Open Comments

Post a Comment for "Pengertian Domain, Jenis-Jenis Domain dan Cara Membelinya"